Senin, 24 Oktober 2011

Kerjasama Tim (teamwork)





1.   Pengertian Teamwork
Kerja Tim atau  kita kenal dengan sebutan teamwork sangat penting dalam hidup kita terutama dalam suatu tugas/proyek dalam suatu kelompok untuk mendapatkan hasil yang memuaskan
Manfaat dari teamwork :
1.    Hasil optimal
2.    Meningkatkan kreatifitas
3.    Hasil lebih baik
4.    Hubungan interpersonal lebih baik
5.    Kemungkinan sukses lebih besar
6.    Jejaring(networking)

2.   Teamwork
Karakteristik tim yang sukses
v  Tujuan yang jelas
v  Rencana untuk mencapai tujuan
v  Komitmen dalam mencapai tujuan
v  Keputusan berdasar konsensus
v  Ketrampilan interpersonal yang efektif
v  Peran yang jelas
v  Fokus pada pencapaian prestasi
v  Dukungan diantara anggota
v  Perbedaan anggota tim

Karakteristik kerjasama tim yang solid
Ada beberapa karakteristik yang yang harus menyertai sebuah tim agar selalu berkarya dalam kekompakan dan keterpaduan yang solid sehingga dapat mencapai sukses:
- Memiliki tujuan yang sama
- Memiliki komitmen yang sama terhadap hal-hal kecil
- Selalu memantau kemajuan
- Saling tergantung dan percaya
- Bahasa yang umum
- Setiap personil tahu peran masing-masing dan bagaimana menjalankan peran itu
- Setiap orang bermain
- Berbagi keberhasilan


Di dalam sebuah tim yang ideal memiliki:
- Seorang ketua
- Seorang pembentuk
- Seorang pemikir
- Seorang pengevaluasi hasil monitoring
- Seorang penyelidik sumberdaya
- Seorang pekerja
- Seorang pekerja tim
- Seorang penyelaras akhir

3.   Tujuan Tim
Ø  Tim dibangun dengan tujuan untuk membantu kelompok fungsional menjadi lebih efektif. Karena rasa individualisme dan persaingan atar pribadi relatif tajam dalam organisasi, maka tidak semua kelompok kerja dapat dikategorikan ke dalam suatu tim. Lima atau enam orang yang sedang menyelesaikan suatu proyek belum menjamin bahwa mereka bisa bekerjasama dalam mencapai tujuan. Secara spesifik, membangun sebuah tim artinya harus mengembangkan semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi, dan produktivitas.
Ø  Semangat : Muncul karena masing-masing anggota percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Makin tinggi tingkat kepercayaan mereka atas kemampuannya, makin besar pula motivasi mereka untuk menyelesaikan tugas dengan baik
Ø  Saling percaya : Rasa saling percaya antar sesama anggota merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim, agar tim mampu bekerja secara
Ø  Kedekatan : Kedekatan antar anggota merupakan perasaan yang mampu menyatukan anggota secara sukarela. Suatu kelompok yang kohesif adalah kelompok yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Mereka mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Umumnya kelompok yang kohesif akan lebih produktif.
Ø  Komunikasi : Agar tim bisa berfungsi dengan baik, semua anggota harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan hubungan antar pribadi secara baik, bicara secara terbuka satu sama lain, memecahkan konflik yang ada, dan secara bersama menghadapi masalah. “Poor communication means no team”
Ø  Produktivitas : Tim seyogianya dapat menyelesaikan tugas yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi sumber daya, ketrampilan, pengetahuan, kepemimpinan, maka tim berpotensi sangat lebih efektif daripada perorangan. 


Sumber : Tugas Makalah OCB karya Muhammad Bayu Saputra FE UII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar